Obyek Wisata Air umbul Tlatar Boyolali


Obyek Wisata Air  Tlatar Boyolali merupakan salah satu dari tiga UPTD andalan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Ekowisata Taman Air nama umbul tlatar Indonesia di Desa Kebonbimo, Boyolali, di lereng gunung Merbabu Jawa Tengah. di Jalan Tentara Pelajar, sangat mudah dijangkau baik dari arah Solo/Surakarta maupun Semarang. menempati lahan seluas 7 hektar danmenyemburkan air dengan debit 650 liter/detik. 
Ada 2 buah pemandian yaitu :
  • Pemandian Umbul Pengilon
  • Pemandian Umbul Asem 


  Bila kebetulan sedang berada di daerah Boyolali, jangan lewatkan untuk bersantai sejenak di Umbul Tlatar.saat ini menjadi salah satu pilihan favorit keluarga di daerah Boyolali untuk menghabiskan masa liburannya. 

  Umbul Tlatar terkenal dengan lahan “Kolam Keceh” yaitu sebuah kolam jernih dengan mata air alami yang terus menerus selama 24 jam dari  Gunung Merapi-Merbabu. Kolam Keceh ini dipenuhi dengan ikan-ikan kecil dan anak-anak pun dapat bebas nyebur bermain tangkap ikan di kolam. Kalau bisa usahakan datang saat bukan masa liburan agar kolam tidak terlalu banyak orang dan anak-anak pun dapat lebih menikmati waktunya saat bermain air.

  Akses Jalan Menuju ke Umbul Tlatar Boyolali: Umbul Tlatar Boyolali. Akses jalan menuju ke kawasan ini pun tidak sulit. Salatiga, berjalan ke arah jalur Salatiga-Solo. Setelah perbatasan Salatiga dengan Boyolali berjalan ke arah Boyolali kira-kira 5 KM akan ada sebuah pertigaan dengan plang nama besar Umbul Tlatar Boyolali disisi kanan jalan. Belok ke kiri dan masuk ke pertigaan tersebut kira-kira 4,5 KM. 

  Umbul Tlatar Boyolali juga terkenal dengan Wahana Woodball  Etasia. Woodball merupakan cabang olahraga dari Taiwan dan masih baru di Indonesia. Olahraga ini sudah mulai dikenalkan kepada para pengusaha dari dalam dan luar negeri yang sedang melancong ke Boyolali. Peralatan dan cara memainkan olahraga ini mirip dengan golf namun alat pemukul dan bolanya terbuat dari kayu.

Umbul Tlatar Boyolali juga terdapat wahana seru lainnya seperti : 
1. Kolam renang untuk anak anak yang airnya bersih dan segar tanpa kaporit
2. (langsung dari mata air tanah)Kolam Becak AirPemancingan 
3 . Taman dibawah pohon cemara
 4. Flying fox
5. Terapi pijat dengan ikan (Fish Spa) dengan Ikan Rasbora dari Turki
6. Restoran dengan menu bakar2an gitu (dengan harga terjangkau)
7. Taman Bermain Anak-anak

 Obyek Wisata Air Tlatar banyak dikunjungi wisatawan domestik pada hari-hari libur dan even tetentu seperti Padusan sebelum memasuki bulan puasa, lebaran dan lain sebagainya.

sumber:
http://www.liburananak.com/id/kids-holiday-spots/12-fishing/44/umbul-tlatar-boyolali#.UT5bojfTIfc
http://pelosokindonesia.blogspot.com/2012/05/tempat-wisata-tlatar-boyolali.html

No comments: