Air Terjun Seweru Madiun

air Terjun Seweru atau Serondo atau Kedung Malam, itulah nama lain dari Air Terjun Slampir Madiun.Selaras dengan banyaknya sebutan yang disematkan padanya, air terjun ini juga menyimpan sejuta pesona nan eksotis. Lokasinya terletak di wilayah perkebunan kopi, Dusun Seweru, Desa Kare, Kec. Kare, Kab. Madiun, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 25 km dari pusat kota Madiun, berada di lereng Gunung Wilis dengan ketinggian 400 m diatas permukaan air laut.Untuk mencapai lokasinya, perlu sedikit kerja keras.
Kondisi jalanan di Desa Kare banyak yang belum beraspal dan penuh dengan tanjakan curam. Mobil pribadi ataupun angkutan umum lainnya jarang terlihat melintasi daerah ini. Hanya sepeda atau sepeda motor yang bisa dengan leluasa melalui jalanan berbatu-batunya. Sepanjang perjalanan menuju air terjun, anda akan disuguhi panorama indah yang tak boleh dilewatkan dari pohon-pohonan hijau yang ada di kiri dan kanan jalan.
Memiliki banyak nama…disebut air terjun Seweru karena terletak di dusun Seweru, atau juga disebut air terjun Slampir, atau ada yang menyebut Kedung Dalem..mungkin salah mendengarkan waktu disebut Kedung Malem atau juga disebut Serondo…opo akeh rondone yo neng kono.
Terletak kurang lebih 400 m dpl dan berjarak kurang lebih 30 KM dari pusat kota (Alun2). Apabila ingin berkunjung kesini kita dapat mengambil arah Dungus terus Kare. Setelah sampai di pertigaan (perempatan) Kare, silakan belok ke kiri ke arah kebun kopi yang berdiri sejak tahun 1911.
Air Terjun Seweru Madiun
Sebelum sampai ke kebun kopi..disebelah kiri jalan ada petunjuk ke arah air terjun…atau kalau kebablasan kita akan menemukan patung wanita berkuda. Dari pertigaan ini silakan melanjutkan perjalanan kira2 2 KM kita akan menemukan pintu gerbang menuju ke lokasi Air Terjun Seweru Madiun Jawa Timur
Dari pintu gerbang perjalanan dapat diteruskan dengan jalan kaki sepanjang kurang lebih 700 meter akan menemukan pertigaan menurun ke arah air terjuN. dari pertigaan ini kita akan meneruskan perjalanan melalui jalur yang berbeda, sekarang kita akan menuruni jalan tanah sepanjang kurang lebih 200 meter dan dilanjutkan menyusuri sungai sepanjang 300 meter. Air Terjun Seweru Madiun.