Proses alih status Universitas Singaperbangsa (Unsika) Karawang

      Karawang , Proses alih status Universitas Singaperbangsa Karawang dari swasta menjadi universitas negeri diperkirakan akan selesai pada awal 2013.
"Proses alih status itu sudah lama dipersiapkan. Jadi kemungkinan awal tahun 2013, Unsika (Universitas Singaperbangsa Karawang) akan berubah menjadi universitas negeri," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, disela menghadiri Reuni Akbar Unsika di Kabupaten Karawang, Sabtu.

Karawang , Proses alih status Universitas Singaperbangsa Karawang
(Universitas Singaperbangsa Karawang)


   Untuk pengadaan lahan sebagai upaya memenuhi persyaratan itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp50 miliar. 
"Hingga saat ini masih terdapat kekurangan sebesar Rp4,8 miliar, yang akan segera dibayarkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat," kata dia.


   Gubernur, telah menargetkan kalau Unsika bisa menjadi universitas negeri pada awal tahun 2013. Karena itu, kekurangan anggaran untuk pengadaan lahan akan segera dibayarkan.Menurut dia, pada 2013 Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebenarnya menargetkan alih status empat perguruan tinggi dari swasta menjadi negeri. 

    
    Bupati Karawang, Ade Swara menyambut baik alih status Unsika dari swasta menjadi universitas negeri. Sehingga diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Karawang.


     Bandung - Universitas Singaperbangsa (Unsika) Karawang dipastikan pada akhir 2012 berubah status dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Tiga PTS lainnya yaitu Universitas Tasikmalaya, Politeknik Sukabumi, dan Universitas Gunung Jati Cirebon juga akan menyusul. Ketiganya ditargetkan menjadi PTN pada 2013.

Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat berbicara di depan wisudawan Unsika di Kabupaten Karawang, seperti dalam rilis yang diterima detikbandung, Sabtu (22/12/2012). "Bila tidak ada apa-apa, sebelum pergantian tahun, Unsika bakal resmi sebagai PTN," ujar Heryawan.

Karawang , Proses alih status Universitas Singaperbangsa Karawang
(Universitas Singaperbangsa Karawang)
Ia menjelaskan perubahan empat PTS yang kini berproses tersebut, nantinya berdampak pada sebaran PTN yang lebih merata dari sisi kewilayahan. Selama ini PTN Jabar berkedudukan di Bandung dan sekitarnya.

Unsika nantinya akan menampung lulusan SLTA dari Karawang, Bekasi, dan Purwakarta. Begitu pula bila Universitas Gunung Jati Cirebon juga telah menjadi PTN, akan menyerap putra-putri asal Cirebon dan sekitarnya.

Pada kesempatan yang sama Letjen TNI (Purn.) Kiki Syahnakri, ketua Dewan Pembina Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Pangkal Perjuangan (YPPTPP),yang menaungi Unsika KARAWANG, menyambut baik progres proses perubahan Unika menjadi PTN.