Letusan gunung berapi tertinggi di indonesia dan dunia DAHSYAT.

Letusan gunung berapi tertinggi di indonesia dan dunia banyak kejadian- kejadian di antaranya bencana gunung meletus dari beberapa gunung aktif yang ada di indonesia ataupun di negara lain, maka dari itu saya akan membahas berita yang berkaitan dengan bebrapa Letusan Gunung Berapi Paling Mematikan terdahsyat.

Beberapa letusan gunung di dunia yaitu 3 dari 7 ledakan gunung berapi terdahsyat di dunia adalah berasal dari Indonesia Catatan livescience, Perisitwa gunung meletus, terutama di Indonesia sudah sangat sering terjadi. Majalah TIME, membuat daftar gunung paling Mengerikan Dengan Ledakan Terdahsyat Sepanjang Sejarah Sedunia.


Apa faktor penyebab terjadinya gunung meletus Gunung meletus, terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi. Dari letusan-letusan seperti inilah gunung berapi terbentuk. Letusannya yang membawa abu dan batu menyembur dengan keras sejauh radius 18 km atau lebih, sedang lavanya bisa membanjiri daerah sejauh radius 90 km. Letusan gunung berapi bisa menimbulkan korban jiwa dan harta benda yang besar sampai ribuan kilometer jauhnya dan bahkan bias mempengaruhi putaran iklim akubat dari letusan gunung yang ada di indonesia maupun di dunia.

Letusan Gunung berapi Maples
Letusan Gunung berapi aktif ini terletak di teluk Maples di Italia selatan yang paling terkenal terjadi pada tahun 78 Masehi, letusan lava dan abu selama berhari-hari, mengubur Pompeii dan Stabiae dengan abu. Pompeii hilang selama 1.600 tahun. Seorang penulis, Plinius Muda (Pliny the Younger) menggambarkan letusan tiba-tiba itu diikuti selubung tebal debu yang menjatuhkan orang-orang yang berusaha lari, Tidak diketahui jumlah Korban jiwa dari letusan dahsyat gunung ini.


Letusan gunung berapi tertinggi di indonesia dan dunia


Letusan Gunung Berapi Paling Mematikan terdahsyat Di indonesia dan Dunia


Letusan gunung Krakatau

Letusan gunung tertinggi di indonesia Letusan Krakatau memicu mega-tsunami. Diperkirakan lebih dari 36.000 jiwa tewas saat itu. Pada 1883, Krakatau meletus. Ratusan orang di Pulau Sumatera tewas seketika saat debu panas menerjang rumah mereka. Kekuatannya sangat menggerikan, 13.000 kali kekuatan bom atom letusan gunung krakatau.


Letusan gunung Krakatau pada tanggal 26-27 Agustus tahun 1883 merupakan salah satu peristiwa vulkanik paling kejam dalam sejarah modern yang pernah direkam. Krakatau (Gunung Krakatau) adalah sebuah pulau vulkanik antara Jawa dan Sumatera.


Letusan gunung berapi tertinggi di indonesia dan dunia

Gunung Berapi Gunung St. Helens
Merupakan letusan gunung berapi terparah baik dari segi kekuatan letusan maupun kerugian ekonomi sepanjang sejarah Amerika Serikat.  Gunung Berapi Gunung St. Helens dan puncak gunung berkurang dari 2.950 meter menjadi 2.550 m. Letusan tersebut merupakan letusan gunung berapi sepanjang sejarah Amerika Serikat.


Letusan gunung berapi tertinggi di indonesia dan dunia

Letusan gunung berapi terdahsyat di Indonesia

Letusan Gunung Tambora
Letusan Gunung Tambora pada 1815 ada pada skala 7.  Ledakan Tambora membuat kawasan Sumbawa dan sekitarnya berada dalam kegelapan. Puluhan ribu orang tewas akibat dampak letusan, tsunami, menyusul kemudian, kelaparan dan penyakit. Kekuatan letusan Tambora adalah yang terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah. Panas yang menyembur melubangi atmosfer dan mengubah iklim dunia. Tak ada musim panas pada 1816 di Eropa dan Amerika Utara.


Letusan gunung berapi tertinggi di indonesia dan dunia

letusan Gunung Eyjafjallajokull
letusan Gunung Eyjafjallajokull di Islandia menyemburkan abu vulkanik yang memusingkan, karena mengacaukan lalu lintas udara Eropa. Ribuan penumpang tertahan di bandara, perekonomian terganggu, barang-barang komoditas pertanian membusuk karena tak bisa dikirim. April yang jadi penyebab malapetaka. Industri penerbangan rugi US$1 miliar. Letusan pertama gunung ini terjadi pada tanggal 20 Maret. Tapi letusan selanjutnya, 14 April

Letusan gunung berapi tertinggi di indonesia dan dunia
Letusan dahsyat Thera
Letusan dahsyat Thera menyebabkan punahnya kebudayaan Minoan. Juga memberikan ispirasi dalam budaya Yunani Kuno. Sekitar 3.500 tahun lalu, bencana besar mengguncang Mediterania. Gunung berapi di Thera (kemudian dikenal sebagai pulau Santorini Yunani) meledak dengan apa yang diperkirakan empat sampai lima kali kekuatan letusan Krakatau pada tahun 1883.

Letusan gunung berapi tertinggi di indonesia dan dunia

Gunung Pelee
Gunung Pelee dengan ketinggian lebih dari 4.500 kaki terletak di Perancis diwilayah Martinique, terkenal karena letusannya pada Mei 1902, diperkirakan menelan korban lebih dari 30.000 orang dan menghancurkan Santo Pierre Letusan dahsyat


Letusan gunung berapi tertinggi di indonesia dan dunia

Letusan Gunung Berapi merupakan peristiwa yang terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi. Tidak semua gunung berapi sering meletus. Gunung berapi yang sering meletus disebut gunung berapi aktif.


Ciri-ciri / tanda gunung berapi akan meletus

Letusan gunung berapi St. Helens (AS), 22 Juli 1980
Gunung berapi yang akan meletus dapat diketahui melalui beberapa tanda, antara lain

  • Suhu di sekitar gunung naik.
  • Mata air menjadi kering
  • Sering mengeluarkan suara gemuruh, kadang disertai getaran (gempa)
  • Tumbuhan di sekitar gunung layu
  • Binatang di sekitar gunung bermigrasi, kelihatan gelisah
Berkas:MSH80 st helens eruption plume 07-22-80.jpg

Dampak Negatif Letusan gunung berapi
Gunung berapi yang meletus tentu akan membawa material yang berbahaya bagi organisme yang dilaluinya, Karena itu kewaspadaan mutlak diperlukan. Berikut ini hal negatif yang bisa terjadi saat gunung meletus: 

  1. Tercemarnya udara dengan abu gunung berapi yang mengandung bermacam-macam gas mulai dari Sulfur Dioksida atau SO2, gas Hidrogen sulfide atau H2S, No2 atau Nitrogen Dioksida serta beberapa partike debu yang berpotensial meracuni makhluk hidup di sekitarnya.
  2. Dengan meletusnya suatu gunung berapi bisa dipastikan semua aktifitas penduduk di sekitar wilayah tersebut akan lumpuh termasuk kegiatan ekonomi.
  3. Semua titik yang dilalui oleh material berbahaya seperti lahar dan abu vulkanik panas akan merusak pemukiman warga.
  4. Lahar yang panas juga akan membuat hutan di sekitar gunung rusak terbakar dan hal ini berarti ekosistem alamiah hutan terancam.
  5. Material yang dikeluarkan oleh gunung berapi berpotensi menyebabkan sejumlah penyakit misalnya saja ISPA.
  6. Desa yang menjadi titik wisata tentu akan mengalami kemandekan dengan adanya letusan gunung berapi. Sebut saja Gunung Rinjani dan juga Gunung Merapi, kedua gunung ini dalam kondisi normal merupakan salah satu destinasi wisata terbaik bagi mereka wisatawan pecinta alam.

Akibat/ Dampak Positif Letusan Gunung Berapi di indonesia dan dunia

Selain dampak negatif, jika ditelaah, letusan gunung berapi juga sebenarnya membawa berkah meski hanya bagi penduduk yang ada di sekitar. Apa saja? Berikut uraiannya: 

  1. Tanah yang dilalui oleh hasil bulkanis gunung berapi sangat baik bagi pertanian sebab tanah tersebut secara alamiah menjadi lebih subur dan bisa menghasilkan tanaman yang jauh lebih berkualitas. Tentunya bagi penduduk sekitar pegunungan yang mayoritas petani, hal ini sangat menguntungkan.
  2. Terdapat mata pencaharian baru bagi rakyat sekitar gunung berapi yang telah meletus, apa itu? Jawabannya penambang pasir. Material vulkanik berupa pasir tentu memiliki nilai ekonomis.
  3. Selain itu, terdapat pula bebatuan yang disemburkan oleh gunung berapi saat meletus. Bebatuan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai bahan bangungan warga sekitar gunung.
  4. Meski ekosistem hutan rusak, namun dalam beberapa waktu, akan tumbuh lagi pepohonan yang membentuk hutan baru dengan ekosistem yang juga baru.
  5. Setelah gunung meletus, biasanya terdapat geyser atau sumber mata air panas yang keluar dari dalam bumi dengan berkala atau secara periodik. Geyser ini kabarnya baik bagi kesehatan kulit.
  6. Muncul mata air bernama makdani yaitu jenis mata air dengan kandungan mineral yang sangat melimpah.
  7. Pada wilayah vulkanik, potensial terjadi hujan orografis. Hujan ini potensial terjadi sebab gunung adalah penangkan hujan terbaik.
  8. Pada wilayah yang sering terjadi letusan gunung berapi, sangat baik didirikan pembangkit listrik.
Tips evakuasi bencana alam Letusan Gunung seperti Merapi
  1. Cari tahu tentang system pengamanan di komunitas daerah masing-masing serta bagan alur keadaan darurat
  2. Waspadai mengenai bahaya yang menyertai letusan gunungapi yaitu :  
    - Lahar dan banjir bandang   
    - Longsor dan hujan batu  (material gunung api)
    - Gempa bumi
    - Hujan abu dan hujan asam
    - Tsunami
  3. Lakukan rencana evakuasi
    - Apabila anda tinggal di daerah rawan bencana gunung api,
    harus ingat route mana  yang aman untuk dilalui.   
    - Bentuk komunitas bahaya bencana gunungapi   
    - Apabila anggota keluarga tidak berkumpul ketika terjadi letusan (misalnya yang
    dewasa sedang bekerja dan anak-anak sedang sekolah) usahakan untuk berkumpul
    dalam keluarga jangan terpisah.   
    - Mintalah keluarga yang tinggal berjauhan untuk saling mengontak sebagai ‘hubungan
    keluarga’ sebab sehabis terjadi bencana biasanya lebih mudah untuk kontak jarak jauh.
    Tiap anggota keluarga usahakan untuk mengetahui nama, alamat dan nomor telepon
    anggota keluarga yang lain.
  4. Buatlah persediaan perlengkapan darurat seperti :  
    - Batere/ senter dan extra batu batere
    - Obat-obatan untuk pertolongan pertama   
    - Makanan dan air minum untuk keadaan darurat.   
    - Pembuka kaleng   
    - Masker debu   
    - Sepatu
    - Pakailah kacamata dan gunakan masker apabila terjadi hujan abu.
  5. Hubungi pihak-pihak yang berwenang mengenai penanggulangan bencana.
  6. Walaupun tampaknya lebih aman untuk tinggal di dalam rumah sampai gunungapi   berhenti meletus, tapi apabila anda tinggal di daerah rawan bahaya gunungapi akan sangat berbahaya. Patuhi instruksi yang berwenang dan lakukan secepatnya.
KLIK gambar FB, TWITTER, G+ dan KOMENLAH di bawah biar rame.

http://id.wikipedia.org/wiki/Letusan_gunung

Beberapa dari foto letusan gunung tertinggi dan terdahsyat di seluruh dunia dalam sejarah, info tersebut semata-mata agar kita lebih senantiasa mendekatkan diri kepada allah dan dilindungi dari segala macam musibah yang ada. baca juga Contoh surat perjanjian jual beli tanah, rumah kredit dan KAVLING

1 comment:

Lee V said...

Grreat read thank you